Hadapi Ancaman Resesi Global 2023, Ini yang Dilakukan Kemnaker

siti

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat rapat kerja di Komisi IX DPR RI. Foto: Kemnaker untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Anggota Komisi IX DPR RI, Haruna mengapresiasi kebijakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) yang berhasil menurunkan tingkat pengangguran pascapandemi Covid-19.

“Saya kira ini formulasinya kalau perlu dicetak, Bu. Formulasi penurunan ini sangat luar biasa. Kita apresiasi Bu Menteri,” ucap Haruna di Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Hal yang sama diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI Saniatul Lativa. Ia mengapresiasi berbagai kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam menghadapi ancaman resesi global dan dampaknya bagi ketenagakerjaan.

“Kami apresiasi kebijakan yang telah diambil oleh Kemnaker mengenai strategi dan kesiapan pemerintah dalam menghadapi ancaman resesi global di 2023 dan dampaknya dari sisi ketenagakerjaan,” ujarnya.

Sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, Kemnaker telah menyiapkan beberapa kebijakan dalam menghadapi ancaman resesi global di 2023 mendatang dan dampaknya dari sisi ketenagakerjaan.

Beberapa kebijakan Kemnaker tersebut, menurut Ida, bersifat adaptif, resilien, dan inklusif yang meliputi 5 pilar. Di antaranya: reformasi pendidikan dan pelatihan vokasi, optimalisasi sistem informasi dan layanan pasar kerja.

Lalu, perluasan kesempatan kerja, jaminan sosial dan perlindungan tenaga kerja yang adaptif serta hubungan industrial yang harmonis. (nas)

Exit mobile version