Tahun 2030, Menaker Targetkan 60 Persen Angka Penderita TBC Turun di Tempat Kerja

Menaker-Ida-Fauziyah

Menaker Ida Fauziyah Foto: Kemnaker for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak seluruh stakeholders ketenagakerjaan untuk mencegah dan menanggulangi Tuberkulosis (TBC) di tempat kerja. Sebab, untuk mengurangi kasus TBC dibutuhkan peran masyarakat dan pihak swasta.

“Kami diberikan mandat untuk penanggulangan TBC di tempat kerja,” ujar Ida Fauziyah dalam keterangan, Minggu (15/1/2023).

Untuk itu, lanjut dia, Kemnaker telah menerbitkan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja. Selain Permenaker tersebut, pihaknya juga telah dan terus mensosialisasikan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi melakukan skrining tuberkulosis di tempat kerja, Training of Trainers (ToT) penanggulangan tuberkulosis di tempat kerja,” ungkapnya.

“Ini untuk mempercepat upaya menurunkan 60 persen angka penderita TBC di 2030,” imbuhnya.

Ia mengapresiasi peluncuran aplikasi sembuh TBC yang dinilainya menjadi salah satu bentuk komitmen stakeholders dalam menanggulangi TBC di tempat kerja.

“Aplikasi Sembuh TBC sebagai aplikasi pendamping bagi para penderita TBC akan lebih memaksimalkan proses penyembuhan,” ujarnya.
(nas)

Exit mobile version