Menaker: Tingkatkan Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan di Bidang Ekonomi

menaker

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat membuka konferensi APO di Jakarta. (Kemnaker untuk INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menuturkan, meningkatnya jumlah perempuan dalam posisi kepemimpinan sangat penting terhadap pertumbuhan produktivitas. Termasuk meningkatkan partisipasi angkatan kerja perempuan dalam kegiatan ekonomi produktif.

“Ada kebutuhan untuk menyadarkan para pembuat kebijakan dan perwakilan pemerintah terhadap pentingnya meningkatkan keterwakilan perempuan dalam posisi manajerial,” ujar Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Menurut Ida, perempuan memiliki sifat dasar untuk sukses dalam menjadi pemimpin. Mereka cenderung lebih sabar, memiliki empati dan multitasking.

Perempuan juga, masih ujar Ida, memiliki bakat dalam menjalin jejaring, memiliki komunikasi yang lebih baik dan lebih luwes dibandingkan lelaki. “Perempuan yang diberdayakan memiliki rasa percaya diri,” katanya.

“Dia dapat menentukan pilihannya sendiri dan memiliki akses ke peluang dan sumber daya yang memberinya banyak kesempatan opsi yg dapat diambil,” imbuhnya.

Diketahui, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah membuka Conference on Women’s Leadership in Public Sector Organizations for Productivity Enhancement di Jakarta.

Konferensi digelar untuk mewujudkan prinsip-prinsip visi Asian Productivity Organization (APO) 2025, yaitu menyoroti esensi inklusivitas dalam produktivitas. (nas)

Exit mobile version